Tips Sukses mengelola Keuangan untuk Liburan Anda

Beberapa cara dibawah ini bisa membantu Anda dalam mengelola keuangan untuk liburan Anda. Berikut penjelasannya :

·         Susun rencana dan anggaran liburan jauh – jauh hari.

Untuk menghindari pengeluaran tak terduga ketika dalam perjalanan, rencanakan anggaran liburan dan lakukan identifikasi kegiatan dan pembelian yang menimbulkan alokasi dana yang besar, sehingga harga yang muncul tidak mengagetkan.

Menurut hasil riset Visa travel, para pelancong memerlukan waktu rata-rata 14 minggu untuk merencanakan liburan mereka. Tiga perempat dari responden juga mengatakan bahwa mereka lebih memilih untuk merencanakan dan memesan liburan secara online.

·         Siapkan Biaya tak terduga

Walau perencanaan kita sudah matang, kita perlu mempersiapkan langkah jika terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan. Menurut Pakar Keuangan Mike Rini, ada dua caranya. Pertama, menyiapkan dana tak terduga sejumlah 10 persen anggaran. Kedua, membeli asuransi perjalanan. Asuransi ini bisa dibeli terpisah atau terkait dengan kartu kredit yang kita miliki. Ada asuransi yang menanggung risiko kehilangan atau kerusakan barang, penggantian penerbangan karena dibatalkan, dan kesehatan.

·         Memilih Lokasi Wisata

Manfaatkan city tour saat yang akan membawa Anda ke semua tempat daerah wisata hanya dengan membayar satu kali saja. Jangan lupa mengunjungi tempat wisata seperti museum, atau pantai. Di tempat wisata itu, Anda biasanya tak dikenakan biaya dan tetap bisa mengetahui kebudayaan serta keindahan alam negara tersebut.

·         Transportasi

Saat ini pilihan transportasi sangat variatif. Lokasi yang lebih jauh belum tentu ongkosnya lebih murah. Banyak maskapai penerbangan yang menawarkan promo mendekati waktu-waktu liburan ke daerah-daerah yang ramai pengunjungnya. Anda juga bisa bertualang dengan mengganti-ganti moda transportasi. Selain untuk berhemat, Anda akan lebih kaya pengalaman.

·         Akomodasi

Anda dapat menghemat biaya konsumsi jika memilih tempat menginap semacam guest house. Uang dialokasikan untuk membeli bahan-bahan mentah dan bumbu masak beserta peralatan makan. Namun tetap cadangkan biaya untuk menikmati hidangan lokal di lokasi wisata.

·         Makanan

Dengan kreativitas dan perencanaan, Anda dapat menghemat uang dan membeli makanan yang tidak mahal, untuk tiga kali sehari. Saat menentukan tempat menginap, pikirkan kemungkinan menyewa tempat yang dilengkapi mini kitchen atau pantry dan microwave, kompor gas atau kompor listrik dan kulkas kecil untuk menyimpan bahan makanan. Guest house biasanya memiliki fasilitas ini.

·         Bekal Uang

Hindari membawa uang tunai dalam jumlah banyak. Semakin sedikit uang tunai yang dibawa semakin sedikit risikonya. Uang tak mesti dibawa secara tunai. Jika Anda mementingkan kenyamanan dan keamanan, ada cara lain untuk tetap bisa memiliki uang tanpa memegangnya di tangan. Keamanan pribadi semakin meningkat dengan menggunakan metode-metode pembayaran elektronik Visa seperti kartu debit, kartu kredit, atau kartu pra-bayar (prepaid card).  

 

Write a comment

Comments: 1